Nigeria Penduduk Miskin Terbanyak Di Dunia

Nigeria Penduduk Miskin Terbanyak Di Dunia

Daftarnegaramiskin.com – Pada awal tahun depan, Nigeria akan menggantikan India di negara itu dengan jumlah orang miskin terbesar di dunia, menurut perkiraan dari badan World Poverty Watch. Pada bulan Februari 2018, Nigeria akan memiliki hingga 83 juta orang yang hidup di bawah garis kemiskinan, dibandingkan dengan 82 juta tahun ini. Sementara jumlah orang dalam kemiskinan ekstrem di India akan turun dari 88,4 juta menjadi 82,3 juta, menurut perhitungan LSM World Data Lab.

Mereka menggunakan data dari pemerintahan negara masing-masing, lembaga pembangunan dan institusi finansial global, menurut situs worldpoverty.io. Setiap menitnya, 5,7 orang di Nigeria jatuh dalam kondisi kemiskinan ekstrem. Situasi itu menurut mereka karena perkembangan populasi yang pesat melebihi perkembangan ekonomi. Nigeria memiliki populasi 193 juta penduduk, dan tumbuh dengan kecepatan 2,63 persen per tahun, menurut data PBB. Bank Dunia memprediksi perkembangan ekonomi sebesar 1,2 persen per tahun saja. Nigeri baru-baru ini berhasil membenahi diri setelah menghadapi resesi terburuk yang pernah mereka alami dalam dua dekade terakhir.

Baca juga : Negara Miskin Liberia

Menghapus kemiskinan ekstrem adalah sasaran pertama program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) PBB. Para ahli mengatakan banyak negara tidak akan berhasil dalam pencapaian itu pada tenggat waktu 2030, khususnya di benua Afrika. PBB mengkategorikan siapapun yang hidup bermodalkan kurang dari USD 1,90 hari sebagai miskin ekstrem.
Perhitungan World Poverty Clock menunjukkan penduduk Asia khususnya mulai berangsur-angsur keluar dari situasi kemiskinan ekstrem.

Pemerintah harus bekerja keras
Seorang ahli investasi di Nigeria, Wale Olusi, mengatakan kabar ini menunjukkan India sudah mengambil langkah-langkah guna memperbaiki kemakmuran penduduk mereka, dan Nigeria harus bekerja keras.

“India melakukan reformasi besar-besaran untuk mencabut gelar yang tidak diinginkan itu. Itu berarti Nigeria belum melakukan cukup banyak untuk membantu warganya keluar dari kemiskinan,” kata dia kepada Anadolu Agency.
Olusi mengatakan ekonomi India tumbuh 6 persen per tahun, sedangkan Nigeria mengalami krisis ekonomi karena anjloknya harga minyak.