Fakta Unik Negara Latvia

Fakta Unik Negara Latvia

Daftarnegaramiskin.com – Latvia merupakan salah satu negara di wilayah Eropa Utara yang belum terlalu terkenal namanya di kalangan warga Indonesia. Negara yang pernah dikuasai oleh Soviet dan Jerman ini memiliki luas wilayah kurang lebih 64 ribu kilometer persegi.

Meskipun wilayahnya tidak terlalu luas, namun negara yang beribukota di Riga ini memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk diketahui masyarakat dunia. Berikut adalah 10 diantara sekian banyak keunikan dari Latvia yang harus kalian tahu:

1. Memiliki desain bendera yang paling tua
Bendera Latvia menggunakan desain yang sama sejak tahun 1280. Hal ini berarti desain tersebut sudah digunakan hampir 8 abad lamanya. Satu-satunya desain bendera yang kemungkinan lebih tua dari bendera Latvia adalah bendera negara Denmark yang diperkirakan berasal dari abad ke-12.

2. Memiliki 2 situs warisan dunia
Tak banyak diketahui dunia, Latvia ternyata memiliki 2 situs warisan dunia, yaitu:

1. Art Nouveau Architecture di Riga. Sebagian besar bangunan Art Nouveau di Riga berasal dari antara tahun 1904 hingga 1914. Secara gaya, arsitektur Art Nouveau Riga dapat dibagi menjadi empat, yaitu Eklektik, Tegak lurus, National Romantic dan Neo-Klasik.
2. Struve Geodetic Arch atau busur geodetic struve yang merupakan rantai triangulasi dengan panjang lebih dari 2.820 km. Situs ini merupakan hasil pengukuran akurat pertama dari sebuah titik meridian. Selain Latvia, situs ini juga dimiliki oleh Estonia, Belarus, Finlandia, Lithuania, Norwegia, Moldova, Rusia, Swedia, dan Ukraina.

3. Atlet basket wanita terbaik dan paling tinggi
Uljana Semjonova adalah legenda atlet basket wanita dari Latvia. Ia adalah atlet yang memiliki tinggi mencapai 6 kaki 11 inch atau sekitar 186 cm dan merupakan atlet wanita pertama non Amerika yang dilantik di NBA Hall Of Fame. Semjonova juga berhasil membawa Riga menjadi juara 12 kali berturut-turut di Eropa antara tahun 1964 hingga 1975.

4. Hostel penjara Karosta
Sebuah hostel di Karosta merupakan bekas penjara militer. Di hostel ini pengunjung bisa merasakan pengalaman menjadi tahanan seutuhnya dengan menandatangi sebuah perjanjian. Perjanjian ini dimaksudkan untuk memperoleh persetujuan dari pengunjung untuk diperlakukan layaknya seorang tahanan tanpa ada protes.

Disini juga dilengkapi sipir yang siap menegur bahkan berteriak jika ada ‘tahanan’ yang tidak mematuhi peraturan. Jika melanggar akan dikenakan hukuman layaknya penjara sebenarnya melalui latihan fisik ataupun membersihkan area hostel. Selain itu, makanan juga disajikan melalui lubang pintu, dan tidur menggunakan kasur tua yang diletakkan di atas dipan kayu.

5. Memiliki banyak sungai dan danau
Latvia tercatat memiliki sekitar 12.000 sungai dan 3.000 danau kecil. Sangat cocok untuk berlibur dan melepas penat dengan bermain boat ataupun kayaking.

Terdapat sebuah air terjun bernama Venta Rapid di Kuldiga selebar 270 meter dan merupakan air terjun paling lebar di Eropa. Terlepas dari lebarnya, air terjun ini memiliki tinggi yang cukup rendah.

6. Negara paling hijau di Eropa
Latvia memiliki hutan yang cukup luas. Sekitar 54% wilayahnya adalah hutan, dan 10% merupakan wilayah berlumpur. Di hutan ini juga dihuni oleh bangau hitam, elang, berang-berang, lynx (sejenis kucing), serigala, rusa, babi hutan, elk, dan rubah merah.

Salah satu hutan yang dijadikan taman nasional adalah Taman Nasional Gauja yang merupakan taman nasional paling luas dan paling tua d Latvia. Taman nasional ini memiliki ikon terkenal, yaitu Devonian Sandstone Cliff.

Baca Juga : Negara dengan Utang Terbanyak di Dunia

7. Sejarah modern yang kelam
Pada masa perang dunia kedua, sebanyak kurang lebih 12,5% penduduk Latvia dibunuh. Jumlah ini adalah yang terbesar di Eropa. Selain itu, sebanyak 190.000 orang di penjara di Soviet pada periode 1945 hingga 1952.

Pada bulan Oktober 2018 ini diresmikan monumen peringatan kebebasan atas kerjasama pemerintah kota Zedelgem, Belgia dan Museum Pendudukan Latvia. Peresmian dilakukan di alun-alun Brivibaplein, Zedelgem. Desain monumen ini secara simbolis menggunakan konsep kebebasan dan mengingatkan penahanan penduduk Latvia dan tawanan perang Baltik lainnya.

8. Riga merupakan kota terpadat di Latvia
Tak berbeda dengan negara lain yang penduduknya sebagian besar tinggal di ibukota, Riga sebagai ibukota Latvia juga menjadi kota terpadat. Tercatat sebanyak 641,481 orang atau hampir sepertiga penduduk Latvia tinggal di kota Riga. Riga merupakan kota terbesar di kawasan Baltik, dan terletak di muara sungai Daugava.

Kota Riga menjadi pusat budaya, pemerintahan, bisnis, keuangan, industri, dan pendidikan. Riga juga dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia berkat arsitektur bangunannya.

9. Riga, 1 dari 14 nama ibukota negara di dunia yang terdiri dari 4 huruf saja
Selain Riga, ibukota negara lainnya yang terdiri dari 4 huruf antara lain adalah Roma-Italia, Lima-Peru, Oslo-Norwegia, Baku-Azerbaijan, Bern-Swiss, Kiev-Ukraina, Juba-Sudan Selatan, Malé-Maldives, Doha-Qatar, Lome-Togo, Dili-Timor Leste, dan Apia-Samoa.

10. Salah satu negara dengan konektivitas internet tercepat
Korea Selatan terkenal dengan konektivitas internetnya yang paling cepat di dunia yang rata-rata mencapai 29 Mbps pada tahun 2016. Di Eropa, Latvia adalah salah satu negara yang memiliki koneksi internet tercepat mencapai rata-rata 18,3 Mbps. Tingkat kecepatan ini tercatat sebagai jaringan internet tercepat ke-6 di seluruh dunia. Di Eropa utara sendiri tingkat kecepatan ini masih dibawah Swedia, dan Norwegia.