Fakta Unik Norwegia

Fakta Unik Norwegia

daftarnegaramiskin.com Pada artikel kali ini kami akan memberikan artikel mengenai  Fakta Unik Norwegia. Berikut ini artikel yang memberikan ulasan dan pembahasan mengenai Fakta Unik Norwegia

1. Pendidikan Gratis, Bagi Siapa pun di Level Pendidikan Apa pun
Di Indonesia sekolah gratis hanya cita-cita saja. Tidak pernah terwujud nyata, kecuali bagi mereka yang berbakat. Bagi mereka yang di luar kompetensi ya harus bayar. Tapi, masih mungkin sih dapat beasiswa walaupun tidak mengurangi biaya pendidikan sepenuhnya. Tentang biaya pendidikan, pasti setuju kan kalau makin lama makin mahal? Tak hanya di ranah universitas, sekolah PAUD saja sudah lumayan bikin panas biayanya.Di Norwegia tidak seperti ini. Pemerintah mereka benar-benar menggeratiskan sekolah. Di jenjang apa pun dan bagi siapa pun. Ya, termasuk kita, sangat mungkin untuk menempuh pendidikan di sana dan tanpa biaya. Bahkan bagi pelajar asing, pemerintah Norwegia juga memberikan fasilitas hidup yang sangat memadai.

2. Program Buku yang Bikin Sumringah Para Penyuka Baca
Di Norwegia, setiap ada rilisan satu buah buku baru, maka pemerintah akan langsung memesan sekitar 1000an kopi. Tujuannya untuk disebar ke berbagai perpustakaan dan bisa dibaca oleh siapa pun. Kriteria bukunya sendiri tidak dibatasi. Asalkan ada buku baru yang rilis, beberapa hari kemudian kita sudah bisa menemukannya di banyak perpustakaan di sana.Tentu ini jadi hal yang sangat hebat. Bagi penyuka buku, Norwegia adalah surga karena tak harus keluar banyak uang untuk membeli buku-buku baru. Cukup meminjamnya di perpustakaan terdekat. Lalu bagaimana dengan pendapatan penulis? Tentang itu, pendapatan per kapita Norwegia sudah tinggi. Sepertinya penulis di sana takkan jatuh miskin hanya karena bukunya diborong oleh pemerintah dan digratiskan untuk dibaca.

3. Norwegia Mengekspor Sampahnya
Norwegia mungkin bukan negara yang kaya akan sumber daya. Namun, mereka bisa memanfaatkan apa pun untuk jadi pemasukan bagi negara. Termasuk dengan menjual sampah. Ya, mereka sudah belasan tahun mengekspor sampah-sampahnya.Swedia adalah negara tujuan di mana sampah-sampah Norwegia berakhir. Di Swedia, sampah-sampah ini bukannya digunakan lagi, melainkan sebagai bahan baku untuk mesin-mesin pembangkit listrik. Seandainya Indonesia bisa punya kemampuan kedua negara ini, rakyat Indonesia mungkin takkan pernah merasakan pemadaman bergilir, mungkin untuk 50 tahun ke depan.

Baca Juga : Fakta Unik Irlandia Warga Negara Pesaing China

4. Tingkat Kematian Petugas Kepolisian yang Sangat Rendah
Tak hanya makmur, Norwegia adalah negara aman. Salah satu bukti yang paling nyata adalah jumlah kematian petugas kepolisian mereka yang sangat rendah. Tahu kah berapa jumlah polisi di sana yang dibunuh saat tugas? Hanya 10 orang saja! Itu pun hanya terjadi ketika Perang Dunia Kedua saja.Jadi, bisa disimpulkan jika di sana benar-benar aman. Hal tersebut juga dibuktikan dengan gelar negara paling aman di dunia. Ketika di sini polisi berjibaku dengan kopi sianida dan bandar narkoba, polisi Norwegia sedang asik main catur.

5. Tahanan Diperlakukan Seperti Tamu Hotel
Rendahnya angka kriminalitas membuat penjara Norwegia sepi. Mungkin lantaran alasan ini, pemerintah sana pun memaksimalkan servis bagi napi-napi yang ada di dalamnya. Ya, para kriminal di sana diperlakukan sangat istimewa. Misalnya saja fasilitas internet di dalam sel. Praktis, hal ini membuat para penguni lapas takkan pernah kehabisan hiburan asyik.Bahkan di Halden, penjara dikemas seperti hotel. Misalnya dengan fasilitas televisi layar datar di tiap sel, sebuah kasur empuk yang sangat bersih dan nyaman, serta punya kamar mandi sendiri dengan shower berdiri plus handuk putihnya yang akan diganti tiap waktu. Penjara yang benar-benar memanusiakan manusia, ya?